News

Kepala Badan Litbang Kemendagri Jadi Pembicara Kunci pada Diskusi Pengelolan Ruang Laut

JAKARTA– Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri (Litbang Kemendagri), Agus Fatoni, menjadi pembicara kunci pada diskusi bertajuk “Pengelolaan Ruang Laut Kewenangan Provinsi: Pemanfaatan dan Pengaturannya”, Rabu (26/8/2020). Diskusi ini terselenggara atas kerja sama Badan Litbang Kemendagri dengan Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO).

Fatoni menjelaskan, UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah telah membagi urusan dan kewenangan daerah sesuai dengan tingkat pemerintahannya. Urusan dan kewenangan tersebut meliputi absolut, konkuren, dan pemerintahan umum. Urusan di bidang kelautan dan perikanan merupakan urusan yang masuk dalam kewenangan konkuren. Urusan ini bersifat pilihan yang dapat dilakukan daerah sesuai dengan potensi yang dimiliki. “Ini merupakan ruang yang sangat strategis dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kinerja pemerintah daerah,” ujar Fatoni.

Fatoni menyebutkan sejumlah sub urusan pemerintah daerah di bidang kelautan dan perikanan. Urusan tersebut meliputi kelautan, pesisir, dan pulau-pulau kecil; perikanan tangkap; perikanan budidaya; pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan; pengolahan dan pemasaran; karantina ikan, pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan; pengembangan sumber daya manusia masyarakat perikanan dan kelautan.

Fatoni menambahkan, pelaksanaan di sektor kelautan dan perikanan lebih difokuskan pada provinsi selaku koordinator kabupaten/kota. Karenanya, inovasi di bidang tersebut agar dilakukan secara kolaboratif. “Karena kolaborasi merupakan syarat utama dalam melakukan inovasi,” tuturnya.

Selain Fatoni, kegiatan ini juga menghadirkan pembicara lain yakni, Ditjen Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan, Aryo Anggono, Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional IKINDO Peter Frans, Ketua Pokja Inovasi kebijakan, Son Diamar, Pengamat sekaligus Pemerhati Transportasi Laut & Logistik Maritim Harry Budiarto. Diskusi ini dimoderatori oleh Dewan Pengurus Nasional INKINDO Ronald Sihombing Hutasoit dan Peneliti Madya Badan Litbang Kemendagri Herie Saksono. Para peserta pada diskusi ini berasal dari pemerintah daerah dan anggota INKINDO seluruh Indonesia.

Join The Discussion