News

34 Kepala Daerah Ajukan Cuti Kampanye ke Mendagri

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengungkapkan sudah ada 34 ┬ákepala daerah yang mengajukan cuti padanya untuk musim kampanye akbar nanti. Jumlah itu terdiri 23 gubernur dan 11 wakil gubernur.

“Itu 2 hari. Terhitung sejak tanggal 16 Maret sampai tanggal 5 April nanti. Itu dihitung 2 hari kerja, dan 2 hari dari libur. Boleh dimaksimal. Di hari libur, dia hanya memberitahu. Tapi di hari kerja, harus meminta izin,” papar Mendagri di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Jumat, (14/3).

Mendagri tidak merinci lebih jauh nama para kepala daerah tersebut. Namun, menurutnya itu tidak termasuk Gubernur DKI Joko Widodo.

Izin mencalonkan diri menjadi capres itu, kata Gamawan, berbeda dengan pengajuan cuti untuk menjadi juru kampanye pada masa kampanye Pemilu legislatif.

Nantinya jika proses pencapresan sudah berjalan, maka Wagub yang akan melaksanakan tugas-tugasnya sebagai gubernur. Itu pun berlaku untuk Joko Widodo dan Wakil Gubernurnya Basuki Tjahja Purnama.

Ia menambahkan, jika ada kepala daerah berkampanye pada hari kerja tanpa mengajukan cuti maka mereka akan mendapat sanksi dari Bawaslu.

“Kebetulan Pak Jokowi hanya memberitahu karen beliau mengisi di hari libur. Sabtu-Minggu saja. Ada gubernur lain, memanfaatkan izin di hari kerja,” tandas Mendagri.

Sumber :www.republika.co.id