Kepala Daerah Akui Pentingnya Litbang di Daerah

ggr

JAKARTA – Keberadaan Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) di daerah berperan penting dalam setiap kebijakan yang dikeluarkan kepala daerah. Hal itu disampaikan oleh para kepala daerah yang datang ke BPP Kemendagri dalam acara Focus Group Discussion (FGD) mengenai kelembagaan perangkat daerah dalam mendukung desentralisasi, di antaranya Irianto Lambrie Gubernur Kalimantan Utara, Abdullah Azwar Anas Bupati Banyuwangi, dan Rendra Kresna Bupati Malang.

Bupati Malang Rendra Kresna mengatakan dirinya berkomitmen untuk tetap mempertahankan litbang ketika beberapa kali terdapat wacana pembubaran. Menurutnya semua keputusan yang bermuara dari Bappeda itu dari hasil kelitbangan tidak terkecuali semua program yang dijalankan SKPD. Menurut Rendra litbang di Kabupaten Malang tetap bertahan meskipun terdapat 125 perguruan tinggi dengan aktivitas riset cukup bagus.

Terkait Kelitbangan Gubernur Kaltara memiliki persepsi yang berbeda. Menurutnya litbang di daerah sangat penting, namun peran litbang tersebut harus dilihat dalam perspektif yang lebih luas. Tidak dapat dimungkiri hasil inovasi di daerah terjadi karena peran kelitbangan. “Mesipun tidak diwadahi namun dapat menghasilkan inovasi dari proses kelitbangan,” tuturnya.

Begitu juga dengan Abdullah Azwar Anas yang mengatakan kelitbangan tentu penting, namun kepemimpinannya tidak terpaku kepada struktur organisasi. Ia juga mengatakan pemimpin tidak harus terjebak dari struktur mahal tetapi miskin fungsi. Berbeda dengan pusat yang memiliki sumber daya manusia yang mumpuni, litbang di daerah identik dengan pilihan akhir.

“Saya lebih suka menempatkan orang-orang yang dianggap bagus di beberapa SKPD, ketimbang menempatkan orang yang sudah tua meski sudah layak jabatan, namun belum tentu produktif,” kata Azwar. (MSR)

Leave a reply