Puan Akan Dorong SDM Peneliti dari Kampus

mahasiswa peneliti

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani mengatakan, kualitas sumber daya manusia berperan penting dalam penguasaan teknologi saat ini. Menurut dia, penerapan dan penguasaan teknologi akan menjadi kunci dalam meningkatkan daya saing produk demi peningkatan kesejahteraan bangsa.

“Jangan pernah berpikir perkembangan teknologi itu akan menjadi tumbuh kalau manusianya tidak kita didik dan kita berikan pendidikan yang seimbang dengan arah kemajuan dari inovasi teknologi yang saat ini sangat pesat,” kata Puan dalam acara Kongres Teknologi Nasional di Gedung BPPT, Jakarta, Senin, 25 Juli 2016.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menambahkan, instansinya mendorong Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenri...

Read More

Pemerintah Dukung 7 Bidang Penelitian

puan maharani

JAKARTA – Pemerintah meminta supaya riset tetap dikembangkan meski dengan anggaran yang terbatas. Tujuh bidang pangan pun ditetapkan pemerintah agar riset bisa mengerek industri nasional.

“Alokasi anggaran riset yang terbatas harus digunakan secara efektif. Maka riset harus memiliki prioritas, fokus, memiliki tahapan dan target jelas, sehingga terhindar dari siklus riset hanya untuk riset,” kata Menteri Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani.

Puan menambahkan, sasaran penelitian iptek adalah meningkatnya penerapan iptek dalam bidang produksi barang dan jasa, pemanfaatan sumber daya alam, dan siap hadapi globalisasi...

Read More

Peneliti Diharapkan Tidak Persoalkan Biaya Riset

RISET

JAKARTA – Pemerintah mengimbau riset yang dilakukan lembaga penelitian dan akademisi tidak tumpang tindih. Peneliti diharapkan dapat bersinergi dengan berbagai lembaga negara dan masyarakat, agar dapat menghasilkan penelitian yang mendukung proses pembangunan

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani menerangkan peneliti diharapkan bisa meningkatkan riset inovasi Indonesia ke depan. Puan juga tidak menampik terdapat sejumlah kendala untuk mencapainya, termasuk rendahnya anggaran riset. “Ini (anggaran) diharapkan tidak menjadi kendala peneliti untuk menghasilkan hal terbarukan atau baru,” ungkap Puan dalam konfrensi teknologi nasional (KTN) 2016 di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) II Thamrin, Jakarta, Senin (25/7)

Peneliti da...

Read More

Peneliti Tak Perlu Repot Lagi dengan Urusan Administrasi

nasir ristek

PEKANBARU,(PR).- Pertanggungjawaban riset atau penelitian kini dipastikan berbasis pada hasil (output), tidak lagi berbasis aktivitas. Peneliti tidak perlu lagi direpotkan dengan pertanggungjawaban riset hanya pada masalah administrasi, melainkan fokus pada hasil riset.

Hal ini setelah permohonan pertanggungjawaban riset berbasis output yang diajukan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) dikabulkan Kementerian Keuangan. Pertanggung jawaban riset berbasis output diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan no 106, tahun 2016.

“Peraturan Menteri Keuangan no 106 itu sebenarnya sudah dikeluarkan sejak akhir Juni 2016 lalu. Namun kemudian baru saya terima laporannya pada pertengahan Juli 2015...

Read More

Pemekaran Daerah Harus Selektif

otonomi

JAKARTA – Dikutip dari laman kemendagri.go.id, Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan, sekitar 80 persen pemekaran daerah tidak sesuai dengan tujuannya, malahan masih mengandalkan sumber pendanaan dari pemerintah pusat.

Tjahjo juga mengatakan, pada 1999 lalu, jumlah kabupaten/kota tidak sampai 300an daerah, namun sekarang sudah lebih dari 500an. Belum lagi, ada 122 daerah yang antri untuk dimekarkan, termasuk ingin menjadi provinsi.

“Setelah saya timbang, stop dulu. Dibentuk dulu daerah persiapan,” kata Tjahjo dalam agenda Sekolah Pimpinan Tinggi (Sespimti) Polri Dikreg ke-25 Angkatan Tahun 2016 di Gedung S. Imam Santoso Sespim Polri, Lembang, Senin (25/7).

Tjahjo menambahkan, pemerintah akan mengeluarkan peraturan agar pemekaran lebih selektif...

Read More