Mendagri: Semakin Cepat Pelantikan Djarot Semakin Baik

tjahjo_ahok_1

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, mengatakan pihaknya belum menjadwalkan pelantikan Djarot Syaiful Hidayat sebagai pengganti Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Meski demikian, Kemendagri mengharapkan pelantikan Djarot tidak menghambat proses persiapan program Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih.

“Semakin cepat pelantikan (Djarot) dilaksanakan, semakin bagus. Sebab jangan sampai janji kampanye gubernur terpilih (Anies-Sandiaga) tidak masuk ke dalam perencanaan program pada tahun amggaran 2017. Jadi harus ada perubahan APBD,” ujar Tjahjo di Gedung BPK, Senin (29/5).

Sebelumnya, Tjahjo mengatakan keputusan akhir mengenai status pengunduran diri Ahok atas jabatan sebagai Gubernur DKI Jakarta masih menanti kepastian dari Jaksa Agung...

Read More

Kemendagri Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian, Ini Kata Tjahjo

tjahjo-kumolo-_170210164610-505

JAKARTA — Kementerian Dalam Negeri mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), untuk ketiga kalinya sejak 2014.

“Kemendagri sampaikan terima kasih kepada tim auditor BPK yang telah bekerja dengan penuh tanggung jawab dan profesional, sehingga tiga tahun berturut-turut kementerian kami mendapatkan predikat WTP,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di Kantor BPK, Jakarta, Senin (29/5).

Menurut dia, predikat WTP pada Laporan Keuangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tahun 2016 ini, juga berhasil diraih berkat kerja keras dan komitmen yang selama ini ditunjukkan seluruh jajaran Kemendagri serta Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Mendagri menjelaskan secara umum masih ada catatan yang perlu diperhatikan pihaknya terkait Lap...

Read More

Riset dan Inovasi Beri Manfaat Kehidupan Masyarakat

riset 1

JAKARTA – Universitas Indonesia (UI) berkomitmen untuk mengembangkan diri menjadi pusat riset dan inovasi sebagai wujud pengabdian masyarakat. Riset dan inovasi menjadi ujung tombak  memajukan bangsa. 

Sebagai wujud komitmennya, UI meraih penghargaan “Outstanding Scientific & Technological Contribution to Social & Economic Development” serta memperoleh hibah senilai USD 100.000 dari Islamic Development Bank (IDB) di Jeddah, Saudi Arabia. UI menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang meraih penghargaan IDB Prizes pada tahun ini. Dua institusi lainnya adalah Universiti Teknologi, Malaysia dan University of Gezira, Sudan.

“Kami sangat bangga atas penghargaan ini dan hibah akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kapabilitas dan produktivitas riset dan inovasi di UI sehingg...

Read More

Hasil Riset Peneliti Hanya Menumpuk di Perpustakaan

nasir

JAKARTA – Hasil riset anak bangsa belum secara optimal dimanfaatkan industri. Selama ini, hasil riset hanya berhenti sebagai referensi keilmuan dan menumpuk di perpustakaan. Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, menyesalkan masih banyak hasil riset anak bangsa menumpuk di perspustakaan. Padahal, menurut Nasir, daya saing suatu bangsa dapat dicapai salah satunya dengan inovasi. “Tidak bisa inovasi tanpa riset.

Riset akan bisa lebih baik dan akan menghasilkan inovasi yang baik, tenaga kerja yang baik, harus didorong dari sumber daya manusia yang kompeten, yakni salah satunya para peneliti dan dosen,” ujar Nasir...

Read More

Penelitian: Polusi Mesin Diesel Bunuh 38.000 Orang Tiap Tahun

mesin diesel

JAKARTA – Karena inefisiensi pengujian, kekurangan pemeliharaan dan faktor lainnya, mobil, truk, dan bus di seluruh dunia memancarkan lebih dari 4,6 juta ton nitrogen oksida (NOx) yang berbahaya. Hal ini di atas standard yang ditetapkan, menurut sebuah studi terbaru yang ditulis bersama oleh para peneliti Universitas Colorado Boulder, AS.

Penelitian yang dipublikasikan di Nature itu, menunjukkan bahwa emisi berlebih ini menyebabkan 38.000 kematian prematur setiap tahunnya di seluruh dunia, termasuk 1.100 kematian di Amerika Serikat.

“Temuan ini mengungkapkan ketidak konsistenan antara emisi kendaraan yang dipancarkan saat pengujian lab dan apa yang mereka pancarkan di dunia nyata, dan ternyata masalahnya jauh lebih parah,” kata salah seorang peneliti.

Dan sebuah kejadian pada 2015 lalu...

Read More