Kemendagri Langsungkan MOU Pemanfaatan KTP-el

13769333_295891437424448_1160813876956849205_n_1

JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melangsungkan penandatangan nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Intelejen Negara (BIN) terkait pemanfaatan NIK dan data kependudukan KTP Elektronik (KTP-el).

MoU tersebut langsung dilakukan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan Kepala BIN Sutiyoso di Kantor BIN, Selasa (27/7). Dengan ini, sudah ada 22 kesepahaman antara Kemendagri dan kementerian/lembaga terkait optimalisasi KTP-el

“Saat ini Kemendagri sedang mempersiapkan Permendagri tentang Penerapan KTP bagi petugas rahasia khusus/intelijen, sehingga aparat khusus ini dapat menjalankan tugasnya dengan tertib, aman dan lancar,” kata Tjahjo.

Kemendagri sebagai poros utama pemerintahan, kata Tjahjo selalu ingin mendorong dan mendukung lembaga lain untuk dapat meningkatkan kualitas...

Read More

LIPI Buka Peluang Kerja Sama Pendanaan Riset

indofooddanariset-660x330

JAKARTA – Untuk menemukan solusi dari setiap permasalahan bangsa saat ini, diperlukan sinergitas antar penyedia dana dan penyedia laynan kepakaran, gar tercipta kerja sama yang berkelanjutan. Demikian disampaikan Sekretaris Utama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Nuramaliati Prijono dalam acara Sosialisasi Peluang Kerja Sama Penelitian dan Pendidikan melalui Research Grant di Jakarta.

Menurut Siti, saat ini LIPI membuka peluang yang sebesar-besarnya bagi lembaga pendanaan nasional dan internasional untuk bekerja sama dalam pendanaan riset, pengembangan iptek dan sumber daya manusia.

Selain itu Siti juga menuturkan, sebagai lembaga ilmu pengetahuan, LIPI perlu meningkatkan kerja sama di bidang penelitian dan peningkatan sumber daya manusia agar semakin memantapkan langkah menu...

Read More

Kemenristek Sarankan BPP Rumuskan Perpres Inovasi Daerah

IMG_7793

JAKARTA – Penilaian terhadap inovasi daerah yang selama ini menjadi wewenang lingkup Kemendagri, selama ini masih banyak dinilai dari Kementerian dan Lembaga lain  yang juga melakukan penilaian inovasi daerah dari berbagai bidang, termasuk Kementerian Riset dan Dikti.

Dalam FDA (Forum Diskusi Aktual) yang dilakukan Pusat Inovasi Daerah BPP Kemendagri pada Rabu (27/07) di Aula BPP, hadir juga Ophirtus dari Kemenristek sebagai pembicara. “Sebenarnya kami menunggu lama Kemendagri menjadikan penilaian inovasi dan penghargaan kepada daerah untuk dijadikan Perda bahkan Perpres,” terangnya.

Hal ini dikarenakan, ada banyak kriteria penilaian dari K/L yang tidak tersistem satu pintu...

Read More

BPP Kemendagri Gelar FDA Penilaian Inovasi Daerah

IMG_7782

JAKARTA – Untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan daerah, pemerintah mengamanatkan seluruh daerah Indonesia dituntut untuk melakukan inovasi pada berbagai bidang yang menunjang penyelenggaraan pemerintah. Penilaian Inovasi Daerah tersebut nantinya akan dinilai bagaimana input, proses, outputnya untuk masyarakat.

Namun penilaian tersebut tidaklah mudah untuk dilaksanakan, harus ada standar penilaian dan rumusan kriteria tipe, jenis, sumber inovasi yang telah dilakukan daerah. Untuk itu, BPP Kemendagri melalui Pusat Inovasi Daerah menyelenggarakan FDA (Forum Diskusi Aktual) tentang Kriteria Penilaian Inovasi Daerah.

Hadir dalam FDA, Erfi Mutmainah (Kepala Pusat Inovasi Pelayanan Publik LAN), Nurul Taufiqurrahman (LIPI), Ophirtus (Kemenristek) yang memaparkan bagaimana sebaiknya penilaia...

Read More

Bursa Efek Indonesia Gandeng Malaysia Bangun Riset Produk Efek Syariah

bursa-efek

JAKARTA – Bursa Efek Indonesia (BEI) akan menggandeng Bursa Efek Malaysia (Kuala Lumpur Stock Exchange) untuk membangun riset dalam rangka mengembangkan produk efek berbasis syariah.

“BEI dan Bursa Malaysia akan menandatangani perjanjian membuat suatu pengembangan yang dapat menjadi pusat untuk produk syariah di dunia, kita akan coba dengan membangun risetnya. Jadi kalau tanya equity syariah product bisa tanya ke Indonesia dan Malaysia,” ujar Direktur Utama BEI Tito Sulistio di Jakarta, Selasa (27/7).

Menurut dia, pengembangan efek syariah di industri pasar modal membutuhkan proses riset terhadap berbagai aspek salah satunya memiliki sinergi strategis, sumber daya manusia, hingga pengembangan serta rekomendasi produk berbasis syariah. “Diharapkan Indonesia dan Malaysia menjadi pusat equity

Read More