Peneliti Tak Perlu Repot Lagi dengan Urusan Administrasi

nasir ristek

PEKANBARU,(PR).- Pertanggungjawaban riset atau penelitian kini dipastikan berbasis pada hasil (output), tidak lagi berbasis aktivitas. Peneliti tidak perlu lagi direpotkan dengan pertanggungjawaban riset hanya pada masalah administrasi, melainkan fokus pada hasil riset.

Hal ini setelah permohonan pertanggungjawaban riset berbasis output yang diajukan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) dikabulkan Kementerian Keuangan. Pertanggung jawaban riset berbasis output diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan no 106, tahun 2016.

“Peraturan Menteri Keuangan no 106 itu sebenarnya sudah dikeluarkan sejak akhir Juni 2016 lalu. Namun kemudian baru saya terima laporannya pada pertengahan Juli 2015...

Read More

Pemekaran Daerah Harus Selektif

otonomi

JAKARTA – Dikutip dari laman kemendagri.go.id, Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan, sekitar 80 persen pemekaran daerah tidak sesuai dengan tujuannya, malahan masih mengandalkan sumber pendanaan dari pemerintah pusat.

Tjahjo juga mengatakan, pada 1999 lalu, jumlah kabupaten/kota tidak sampai 300an daerah, namun sekarang sudah lebih dari 500an. Belum lagi, ada 122 daerah yang antri untuk dimekarkan, termasuk ingin menjadi provinsi.

“Setelah saya timbang, stop dulu. Dibentuk dulu daerah persiapan,” kata Tjahjo dalam agenda Sekolah Pimpinan Tinggi (Sespimti) Polri Dikreg ke-25 Angkatan Tahun 2016 di Gedung S. Imam Santoso Sespim Polri, Lembang, Senin (25/7).

Tjahjo menambahkan, pemerintah akan mengeluarkan peraturan agar pemekaran lebih selektif...

Read More

Rapor Merah Penanganan HIV di Indonesia

hiv

JAKARTA – Indonesia tercatat masih tertinggal dibandingkan negara-negara lain dalam hal penanganan penderita HIV. Hal itu tercermin dari rendahnya cakupan antiretroviral (ART) yang berbanding lurus dengan peningkatan jumlah penderita HIV dalam 10 tahun terakhir.

Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) University of Washington merilis hanya sebagian kecil dari 440.000 penduduk Indonesia penderita HIV yang mendapat terapi ART. ART sendiri merupakan jenis terapi yang memperlambat pertumbuhan penyakit ganas tersebut. Sejalan dengan itu, jumlah penderita infeksi HIV baru di Tanah Air tercatat terus meningkat satu dasawarsa terakhir.

“Jika kecenderungan infeksi baru meningkat terus-menerus, ini akan menjadi tantangan signifikan dalam mencapai target SDGs PBB agar dunia bisa menyaksika...

Read More

Mendagri Akan Hadiri Sespimti Polri 2016 di Lembang

tjahjo 2

BANDUNG – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dijadwalkan akan hadir dan memberikan ceramah umum di hadapan peserta Sekolah Pimpinan Tinggi (Sespimti) Polri Dikreg ke-25 Tahun Angkatan 2016 di Lembang, Senin (25/7). Materi yang disampaikan Mendagri terkait Kajian Perkembangan Otonomi Daerah/Pemekaran Daerah.

Tjahjo mengatakan, dalam otonomi daerah sebenarnya setiap provinsi dan kabupaten/kota memiliki hak, wewenang, dan kewajiban untuk mengatur serta mengurus sendiri urusan pemerintahannya. Namun tetap bertujuan untuk kepentingan masyarakat setempat dalam sistem NKRI.

Adapun sejumlah hal yang menjadi motif suatu daerah membentuk otonomi baru adalah karena pertimbangan etnis, historis kedaerahan, rentang kendali, luasnya cakupan geografis, elite daerah dan alasan karena merasa kur...

Read More

Surabaya Diapresiasi Mendagri

SBY3

JAKARTA – Penerapan sistem berbasis aplikasi mendapat apresiasi dari Mendagri Tjahjo Kumolo. Salah satu daerah yang sudah aktif menerapkan sistem tersebut salah satunya adalah surabaya. Tjahjo menyarankan agar seluruh daerah mencontoh kota Surabaya yang saat ini dipimpin oleh Tri Rismaharini.

Selain itu, Tjahjo juga mengatakan, ia akan mendorong setiap daerah agar melakukan hal yang sama sebagaimana yang telah dilakukan Surabaya.

“Kami akan mendorong banyak daerah untuk studi banding, daripada studi banding ke luar negeri, lebih baik studi banding ke Surabaya,” ujarnya saat diskusi perancangan aplikasi bertajuk e-Planning di kantor Kemendagri, Kamis (21/7).

Di srabaya kata mendagri, sistem berbasis aplikasi telah berjalan dengan baik...

Read More