Regulasi Menghambat Sektor Wisata

IMG_9137

JAKARTA – Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, baik buruknya sektor pariwisata tergantung dari regulasi yang dilakukan oleh pemerintah di suatu negara. Sayangnya itu terjadi di Indonesia yang merupakan negara dengan sumber keindahan alam potensial di dunia.

Arief mengatakan, sebaiknya aturan yang yang menyulitkan tersebut harus secepatnya dihilangkan. Arief membandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura yang memiliki sedikit keindahan alam, namun pendapatan sektor pariwisatanya mengalahkan Indonesia.

“Pendapatan dari sektor wisata kita jauh lebih sedikit bahkan tiga kali lipat lebih rendah dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, padahal mereka tidak memiliki spot-spot wisata bahari,” kata Arief dalam launching Hari Nusantara di Kementerian Pariwisata...

Read More

Mendagri Dorong Daerah Kembangkan Wisata Baru

IMG_9198

JAKARTA-Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mendorong setiap daerah untuk mengembangkan pariwisata yang menjadi andalannya. Dalam jumpa pers di sela-sela acara Hari Nusantara yang di selenggarakan di Kementerian Pariwisata, Senin (22/8), menyatakan dukungannya terhadap pengembangan wisata baru di setiap daerah.

“Kemendagri mendorong pembentukan satu objek wisata baru untuk satu kabupaten dan kota, karena di setiap daerah banyak potensi yang bisa digali, baik dari segi budaya, agama, maupun kulinernya,” ucap Tjahjo,

Tjahjo menambahkan, membangun tempat wisata di daerah, sangat relevan dengan nawacita presiden Joko Widodo yaitu membangun desa dari pinggiran...

Read More

Mengenal Keindahan Pulau Lembata

LEMBATA

JAKARTA – Pesona Indonesia memang tidak akan pernah abis jika diperbincangkan. Keindahan bawah laut dan aneka sumber daya hayati menjadi daya tarik sendiri untuk para turis lokal maupun mancanegara. Salah satunya adalah Pulau Lembata, Nusa Tenggara Timur.

Keindahan Pulau Lembata menjadi daya tarik sendiri, karena beragam kekayaan yang tersimpan. “Laut kami kaya akan ikan laut, bahkan bisa menghasilkan 360 ton/tahun, kekayaan budaya kami bisa sampai 150 ribu hektar, arus bawah laut kami bisa juga digunakan dengan tenaga listrik terbarukan yang berpotensi mengalirkan listrik hingga 300 megawatt,” terang Alexander Senna yang hadir mewakili pembacaan sambutan Gubernur NTT, Frans Lembu.

NTT sendiri memiliki 1192 pulau, yang terdiri dari 3 pulau besar Flores, Sumba Timur, dan Lembata...

Read More

Kemendagri Launching Hari Nusantara 2016

IMG_20160822_204526

JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Gubernur NTT (Nusa Tenggara Timur) bekerjasama dalam melaunching Hari Nusantara 2016 pada Senin (22/08) di Balairung Soesilo Soedirman, Kemenpar.

Hadir pula sebagai undangan Jonggi Tambunan dan Moh. Ilham A Hamudy dari BPP Kemendagri dalam penyelenggara event tahunan tersebut. Acara itu merupakan momentum untuk menegaskan kembali tujuan untuk mewujudkan poros maritim dunia, salah satunya adalah NTT.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan event tersebut merupakan momentum untuk mempromosikan NTT yang kaya akan potensi wisata seperti Labuan Bojo yang menjadi salah satu destinasi prioritas menjadi 10 Bali Baru yang ditargetkan mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara dan 270 wisatawan Nusantara pada 2019 m...

Read More

Riset Indonesia Butuh Dukungan Kebijakan dan Anggaran

penelitian

JAKARTA – Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Iskandar Zulkarnain  menyayangkan anggaran riset Indonesia yang belum membaik dari tahun ke tahun. Bahkan, sepanjang 2016 telah terjadi dua kali efisiensi dengan pemotongan anggaran.

Iskandar mengungkapkan, struktur anggaran riset di LIPI sendiri masih belum seperti yang diharapkan. “Dunia riset Indonesia masih membutuhkan dukungan dari pemerintah, tidak hanya anggaran penelitian, tetapi juga dalam bentuk kebijakan,” ujarnya di Jakarta, Rabu (17/8).

Dari total 1,182 Triliun anggaran LIPI pada 2016, hanya sekitar 30 persennya yang digunakan untuk kegiatan penelitian. ”Padahal, untuk meningkatkan perkembangan dan peningkatan daya saing bangsa, penguasaan iptek dan inovasi, serta dukungan anggaran mutlak diperlukan,” tuturnya...

Read More