Peneliti Sarankan Sekolah Ramah Anak Terhadap Fenomena Kabut Asap

3d33c78a-25ca-4d18-b87e-72ce8ed884c7_169

PONTIANAK –  dalam seminar Hasil Penelitian Kajian Pengaruh Kebakaran Hutan Lahan Gambut Terhadap Kesehatan Anak-anak di Kota Pontianak, Palangkaraya, dan Palembang, Selasa (27/9/2016), para peneliti merekomendasikan pengembangan sekolah di wilayah rawan kabut asap menjadi sekolah yang ramah anak.

Rekomendasi tersebut merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Pontianak atas sponsorship Unicef. Anggota tim peneliti terdiri dari Yoni Astuti selaku koordinator, Iman Permana selaku wakil koordinator, Awanh Darumurti, Anna Majedawati, dan Titin Huriyah.

Penelitian dilakukan untuk mengetahui gambaran dampak kabut asap dari pembakaran hutan gambut terhadap kesehatan anak-anak SD yang ada di Pontianak khususnya.

Read More

Tiga Peneliti Dapat Penghargaan dari LPPM UNS

EON_research_02

SOLO – Tiga peneliti menerima penghargaan sebagai inovator terbaik Produk Hasil Riset Hilirisasi 2016, dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) Surakarta, Selasa (27/9/2016).

Mereka adalah Iwan Yahya dengan hasil penelitian menciptakan alat peredam bising. Selanjutnya penghargaan juga diberikan kepada Ahmad Marzuki dengan penelitian penelitian Penentuan Spesifikasi Sensor Bobot Kendaraan Berjalan Berbasis Fiber Optik. Selain kedua orang tersebut, LPPM UNS juga memebrikan penghargaan kepada Mohtar Yunianto dengan penelitian berupa Smart Early Warning System (Smart EWS).

Ketua LPPM UNS, Prof Sulistyo Saputro mengatakan, ketiga peneliti tersebut adalah dosen fisika dari perguruan tinggi...

Read More

Pemerintah Jepang Buka Program Hibah Riset untuk Peneliti Indonesia

Beasiswa Riset S2 S3 jepang

JAKARTA – Dalam rangka meningkatkan kerjasama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, Pemerintah Jepang melalui Ministry of Foreign Affairs in Japan (MOFA), Japan International Cooperation Agency (JICA), Ministry of Education, Culture, Sports, Science, and Technology (MEXT), Japan Science and Technology Agency (JST) dan Japan Agency for Medical Research and Development (AMED) bekerjasama untuk memfasilitasi riset antara peneliti Indonesia dan Jepang yang terkait dengan isu-isu global seperti Environment/Energy; Natural Disaster Prevention and Mitigation; Bioresources; dan Infectious Diseases Control; dalam bentuk Hibah Riset selama 3-5 tahun.

Program tersebut, diperuntukkan bagi peserta yag berasal dari lembaga penelitian dan pengembangan (litbang) pemerintah seperti Lembaga Pemerinta...

Read More

Mendagri: Gubernur Ikut Pilkada Sudah Ajukan Cuti

tjahjo kumolo

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengungkapkan bahwa seluruh para gubernur yang mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 serentak mendatang telah mengajukan surat cuti.

Saat ini, Mendagri menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas gugatan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang menggugat Pasal 70 Ayat 3 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.

“Semua sudah, walaupun kami masih menunggu bagaimana reaksi MK keputusan MK atas gugatan gubernur DKI, tapi undang-undang mensyaratkan pada saat yang bersangkutan pencalonannya nanti diterima oleh KPU, dia harus mengajukan cuti sampai selesainya Pilkada,” kata Mendagri di Hotel Royal Kuningan, Jakarta.

Terkait dengan pelaksana tugas (plt) di tingkat provinsi nanti akan diambil dari...

Read More

Kapasitas Peneliti Indonesia Harus Ditingkatkan

riset dunk

JAKARTA – Guna mendorong lebih banyak lagi penelitian dari Indonesia yang dapat menembus jurnal ilmiah internasional, kapasitas peneliti di Tanah Air harus ditingkatkan. Pemerintah Indonesia dan Australia bekerja sama meningkatkan kualitas penelitian dan kapasitas peneliti di Tanah Air.

Kerja sama diharapkan dapat mendorong lebih banyak lagi penelitian dari Indonesia yang dapat menembus jurnal ilmiah internasional.

Australian Technology Network of Universities dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sepakat membuka peluang bagi para staf profesional dan pelajar di Indonesia untuk mengakses pendidikan berkelas dunia di Australia.

“Indonesia akan mendukung kolaborasi dari mahasiswa peneliti dan pertukaran staf, serta menyediakan program pendidikan dan peneli...

Read More