Mendagri Himbau Seluruh Pegawai Kenakan Atribut Lengkap

Pegawai Negeri Pemko Batam meninggalkan dataran Engku Putri usai melaksanakan upacara, Senin (29/2). F Cecep Mulyana/Batam Pos

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menghimbau pada seluruh pegawai untuk kenakan seragam lengkap beserta atribut Pegawai Negeri Sipil, seperti name tag yang dikenakan menggantung dekat kantong baju pegawai.

“Saya harap semua pejabat harus menggunakan name tag dan keterangan dari komponen mana-mana saja, agar saya tahu si A dan si B,” katanya dalam Rapat Pengarahan Pejabat Eselon I dan II di Lt.3 Gedung A Kementerian Dalam Negeri, Jl. Medan Merdeka Utara.

Rapat yang dihadiri sekitar 30 pejabat tinggi tersebut, mendapatkan respon positif. Seluruh peserta hikmat dan mencatat poin-poin yang sudah disampaikan oleh menteri. Nampak, Sekretaris Jenderal Kemendagri, Yuswandi A Temenggung memberikan instruksi ke bawahannya untuk segera melaksanakan perintah menteri. (IFR)

Read More

Mendagri Gelar Rapat Pengarahan Pejabat Eselon I dan II

Tjahjo-Kumolo

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo siang ini, (26/8) memberikan pengarahan kepada seluruh pejabat Eselon I dan Eselon II seluruh komponen di Lt. III Gedung A Kementerian Dalam Negeri, Jl. Medan Merdeka Utara.

Dalam rapat tersebut, Tjahjo berpesan, agar para pejabat senantiasa melayani masyarakat dengan baik. Terutama dalam pengurusan administrasi. “Saya minta untuk pejabat eselon I dan II di daerah, untuk mempermudah dan melayani masyarakat dengan sebaik mungkin,” imbau Tjahjo.

Tidak hanya itu, Tjahjo juga berpesan untuk saling mengawasi kinerja satu sama lain. “Pejabat Eselon I harus mengawali Pejabat Eselon II,” sarannya.

Rapat diikuti sekitar 30 pejabat Eselon I dan II, mereka turut hikmat dan mendengarkan arahan dari Mendagri sambil mencatat poin-poin penting yang disampaika...

Read More

Pemerintah Upayakan Partisipasi Politik Perempuan Meningkat

perempuan berpolitik

JAKARTA – Pemerintah bersama Ormas Perempuan akan melangsungkan program kerjasama dalam upaya meningkatkan partisipasi perempuan dalam berpolitik.

Partai politik didorong untuk menyiapkan kader perempuan sebagai upaya mengisi kuota keterwakilan perempuan, baik di DPR maupun DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Hal ini dikatakan Kepala Sub Direktorat Fasilitasi Pengembangan Demokrasi, Direktorat Politik Dalam Negeri Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum, Kementerian Dalam Negeri, Elly Yuniarti.

Menurut dia, perempuan juga mempunyai peranan dan kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk berkarir di bidang politik.

“Namun perlu adanya penyamaan persepsi antarlembaga baik eksekutif, legislatif dan yudikatif terkait kuota perempuan ini sehingga ada upaya memaksimalkan keterwakilan perempuan...

Read More

Mendagri Temui DPD Bahas Dana Desa

dana desa'

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melangsungkan pertemuan dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI membahas Dana Bantuan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) Pusat untuk Kelurahan di Kantor DPD, Kamis (25/8).

Dalam pertemuan tersebut hadir juga Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, kemudian Wakil DPD RI Farouk Muhammad dan Ketua Komite I, Akhmad Muqowam. Selain itu, hadir juga Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Sumarsono.

Mendagri Tjahjo mengatakan, pemerintah memberikan bantuan sekitar Rp 1,5 milar per desa. Belum lagi tambahan dari sejumlah kementerian lain. Namun berbeda dengan kelurahan yang menjadi perangkat kecamatan, tak mendapat perhatian dari pemerintah pusat.

“Seandainya ada bantuan dari pusat, tak harus sama denga...

Read More

Peneliti Kembangkan Alat Mungil untuk Sterilisasi Air dari Bakteri

Bottle of Water and air bubbles over white

Para peneliti mengembangkan sebuah alat kecil seukuran prangko yang mampu membunuh 99,99 persen bakteri yang ada di air dalam waktu 20 menit.
Secara alami, air yang terkontaminasi mampu disterilkan oleh cahaya matahari akibat sinar UV yang mampu membunuh bakteri dan butuh waktu 48 jam untuk melengkapi prosesnnya. Namun, alat ini memanfaatkan spektrum yang lebih luas dari sinar matahari untuk mempercepat kerja sterilisasi itu.

“Alat kami terlihat seperti kaca hitam persegi panjang,” jelas kepala penelitian Chong Liu dari Stanford University. “Kita hanya memasukkannya ke dalam air dan meletakannya di bawah matahari, dan  matahari mampu menyelesaikan semuanya.”

Sinar matahari mampu menggerakan elektron dalam alat tersebut  menggunakan molybdenum disulfide yang mampu menciptakan reaks...

Read More