Akademisi Indonesia-India Membongkar Ilmu Sosial

litbang

JAKARTA – Indonesia dan India, dua negara di papan atas berpenduduk terbesar di dunia – Indonesia peringkat ke- 4 (258 juta jiwa), India peringkat ke-2 (1,2 miliar jiwa) – memiliki beberapa kesamaan dalam keberagaman budaya dan persoalan mayoritas-minoritas.

Kedua negara itu juga dihadapkan pada kesamaan permasalahan yang berpengaruh langsung pada kesamaan permasalahan yang berpengaruh langsung pada kehidupab sosialya. Mulai dari masalah urbanisasi yang cepat, kebutuhan pendidikan yang terus meningkat, hingga perlunya antisipasi pada dinamika kaum muda.

Atas dasar itu, pada 11-12 Juli, Indian Institute of Advanced Study (IIAS) dan kedutaan besar RI di New Delhi, India menggelar simposium dua hari bertema “Manufaktur Ilmu Sosial” di Shimla, Negara bagian Himachal Paradesh, India Utara s...

Read More

Uji Coba Litbang Target Torpedo Berhasil

uji coba litbang torpedo

SURABAYA – Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksamana Pertama TNI Mintoro Yulianto, menyaksikan uji coba Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Mini Mobile Target Torpedo Labinlek Surabaya.

Kegiatan yang berlangsung di dermaga Madura Koarmatim Ujung, Surabaya. Kamis, (21/7), dipimpin langsung oleh Kepala Laboratorium Induk Elektronika (Kalabinlek) Kolonel Laut (E) Irfan Akhsan. Kalabinlek merupakan Unsur Pembantu Tugas (UPT) Markas Besar Angkatan Laut  yang berada di Surabaya.

Kadis Penerangan Koarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman mengatakan atas kerja keras dengan peralatan yang memadai dan didukung personel yang profesional, uji coba Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Mini Mobile Target Torpedo kali ini dinyatakan berhasil dengan baik.

Pada uji coba ini, ha...

Read More

Perlu Kajian Menyeluruh terkait Kedirgantaraan

Foto-5 (2)

Menurut Menteri Riset dan Teknologi Muhamad Nasir, Industri Pesawat yang sempat lesu harus kembali dibangkitkan. Untuk itu diperlukan kajian semua aspek agar diketahui level ketersediaan teknologi dan SDM.

“Kita harus dorong industri nasional menyediakan lapangan kerja dan memberi nilai tambah,” ujarnya.

Menurut Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristek Dikti Jumian Appe, kemajuan industri pesawat nasional bisa tercapai jika penerapan program konsisten. Perlu kebijakan tentang itu yang berkelanjutan.

“Selain N-219, harus ada Keputusan Presiden untuk mendukung pengembangan R-80. Jadi, peraturan presiden tentang pengembangan pesawat R-80 akan diterbitkan. Untuk N-219, ada jaminan keberlanjutan pengembangan ke tahap produksi, lalu didorong mendapat sertifikasi internasional...

Read More

Daerah Rawan Bencana Harus Belajar dari Bali

090813bfoto-wisata

Bali merupakan salah satu provinsi yang tidak pernah berhenti melakukan terobosan, khususnya dalam bidang kebencanaan. Sebagai salah satu daerah kepulauan, mitigasi terus dilakukan guna mengantisipasi segala bentuk kemungkinan terjadinya bencana.

Seperti yang dilakukan pemerintah Provinsi Bali baru-baru ini, yang menerapkan sertifikasi hotel siaga bencana bagi para pelaku usaha pariwisata. Mitigasi bencana yang kerap dianggap beban pun bisa sejalan dengan kegiatan wisata berkat kolaborasi pemda dan pelaku usaha.

Mitigasi bencana tersebut juga disambut baik oleh beberapa pelaku usaha perhotelan. Ika Manuaba, Human Resources Manager Hotel Patra Jasa menerangkan betapa pentingnya mitigasi bencana, khususnya gempa bumi dan Tsunami.

“Kami sadar sepenuhnya, Bali rawan bencana gempa dan tsunami, ...

Read More

Pemetaan Kekayaan Laut, Dasar Kebijakan Pengelolaan SDL

peta.jpg1

JAKARTA – The Nature Conservacy, menyelenggarakan acara Pemetaan Kekayaan Laut (Map the Oceans Wealth/MOW), Rabu 20/7, di Jakarta. Acara tersebut dalam rangka mencari solusi terhadap beberapa permasalahan kelautan yang belum dimanfaatkan secara optimal. Khususnya kolom air pelagis perairan laut Nusantara yang menyimpan kekayaan perikanan.

Menurut pakar Oseanografi Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan IPB, Alan F Koropitan, saat ini Indonesia memiliki data oseanografi yang lengkap tetapi membutuhkan validasi dan sinegi lintas sektor agar potensi itu bisa dikelola berkelanjutan.

Sebagai pembicara Alan menuturkan, pemetaan akan memberi data atau gambaran kualitatif dan spasial terkait jasa lingkungan laut yang akan menjadi dasar pengambilan kebijakan pengelolaan sumber daya laut.

“Data Osea...

Read More